CANDI BAJANGRATU

227605_10151332599118470_906047505_n

481208_10151332596768470_327609417_n

Candi Bajangratu terletak di Dukuh Kraton, desa Temon kecamatan Trowulan-Mojokerto. Candi Bajangratu yang berkaitan dengan penobatan Jayanegara sebagai ratu saat masih “bajang” (kecil). Dalam wacana Jawa Kuno, bajang berarti kecil. Sehingga Bajangratu berarti orang yang naik tahta atau menjadi raja ketika masih kecil atau anak-anak. Dalam catatan sejarah Majapahit, raja yang diangkat sejak masih kecil adalah Jayanegara. Dia adalah Raja kedua yang sebelumnya menjadi Yuwaraja di Kediri. Pada masa raja Jayanegara terjadi beberapa kali pemberontakan salah satunya adalah (Ra) Kuti. Pemberontakan ini termasuk yang terbesar, karena berhasil menduduki kota Majapahit, walaupun tidak terlalu lama. Karena setelah itu pemberontakan Kuti dikalahkan oleh Bekal Gajah Mada. Atas jasanya Gajah Mada diangkat menjadi patih di Kahuripan.

Dari penjelasan diatas mengingatakn kita pada cerita mengenai pemberontakan Kuti mengingatkan cerita sandiwara radio yang juga akhirnya diangkat ke sinetron dengan judul “Mahkota Mayangkara” tahun 1993an, dulu tayang di Tipi Pagi2 Idup (TPI). Hehehehe,,,cerita Mahkota Mayangkara merupakan lanjutan dari cerita sandiwara radio Tutur Tinular,,tapi tetep Saur Sepuh sebagai pendahulu Tutur Tinular, lebih fenomenal. “Ciat,,ciat,,hati-hati kakang Brama”(kata Mantili) waduh jadi ngelantur yak,,,terbawa suasana tempo doeloe…
berdasarkan bangunannya candi Bajangratu dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian kaki, tubuh dan atap. Selain itu, gapura mempunyai sayap dan pagar tembok di kedua sisinya. Di kaki gapura, ada hiasan yang menggambarkan cerita Sri Tandjung. Sedangkan di atas tubuh, ada hiasan kala dan sulur. Pada bagian atap, ada hiasan kepala kala yang diapit singa, relief matahari, naga berkaki, kepala garuda, dan relief bermata satu atau monocle cyclops. Di sayap kanan, ada relief cerita Ramayana dan pahatan binatang bertelinga panjang.

Penulis : Kartum Setiawan

Iklan
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: